Thursday, November 30, 2017

Tips Mudah Hafal Urutan Kabel Straight dan Cross

UTP (Unshielded Twisted Pair)

Adalah kabel jaringan yang mempunyai 2 urutan kabel dalam pemasangannya yaitu straight dan crossover, maka disini akan dijelaskan kedua urutan kabel tersebut dengan sejelas mungkin dan semoga bisa membantu anda dalam pembelajaran atau pekerjaan anda. Perhatian bagi anda yang masih pelajar atau bagi anda yang masih dalam tahap menghafal urutan kabel straight dan crossover, saya mempunyai solusi yang tepat untuk anda agar mudah menghafal kedua urutan kabel tersebut, berikut adalah masing2 penjelasan dari kedua kabel tersebut

Kabel Straight

Pada umumnya memiliki urutan kabel yang sama di setiap ujungnya, cukup menghafal urutan kabel straight agar bisa lebih cepat menghafal kabel cross. berikut ini urutan warna kabelnya.
1. Putih - Orange
2. Orange
3. Putih - Hijau
4. Biru
5. Putih -Biru
6. Hijau
7. Putih - Coklat
8. Coklat
Kabel Straight
Terlihat Sekali bahwa kabel straight memiliki urutan kabel yang sama.

Kabel Cross

Kabel cross berbeda dengan straight karena memiliki urutan kabel yang berbeda, namun tidak perlu khawatir, anda cukup menghafalkan urutan kabel straight maka akan bisa membuat kabel cross. baiklah berikut ini urutannya :
1. Putih - Hijau
2. Hijau
3. Putih - Orange
4. Biru
5. Putih -Biru
6. Orange
7. Putih - Coklat
8. Coklat
Perhatikan Gambar berikut ini :
Kabel Cross (Before)
Caranya adalah, 1 sisi kabel urutannya sama dengan kabel straight namun untuk membuat sisi kabel lainnya dengan cara menukar urutan kabelnya, urutan 1 pada kabel straight menjadi urutan 3 di kabel cross begitu juga sebaliknya urutan 3 pada kabel straight menjadi urutan 1 pada kabel cross, dan urutan 2 pada kabel straight menjadi urutan 6 pada kabel cross dan sebaliknya urutan 6 pada kabel staight menjadi urutan 2 pada kabel cross. contohnya seperti pada gambar dibawah ini :
Kabel Cross (After)
Sangat mudah bukan?, singkatnya adalah 1-3, 2-6 dalam membuat kabel cross. silahkan dicoba dan jika masih ada kesulitan langsung bertanya di kolom komentar. Terimakasih.